Pilihan Makanan untuk Ibu Hamil yang Sibuk Bekerja

1. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, selada, dan kubis, sangat baik bagi ibu hamil. Karena sayuran ini kaya akan asam folat dan zat besi. Asam folat penting untuk mencegah cacat tabung saraf (neural tube defect). Sedangkan zat besi penting untuk mencegah terjadinya anemia selama kehamilan.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan protein dan asam folat. Protein dapat membantu pertumbuhan jaringan janin, termasuk otaknya. Juga membantu pertumbuhan jaringan payudara maupun rahim serta meningkatkan suplai darah pada ibu hamil.

3.Daging

Daging kaya akan protein dan zat besi. Setiap harinya, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi 2-3 porsi daging atau sumber protein lainnya. Pastikan daging yang dikonsumsi benar-benar dalam keadaan matang.

4.Buah-buahan yang kaya vitamin C

Buah-buahan kaya akan vitamin C yang baik untuk penyembuhan luka, pertumbuhan gigi dan tulang, juga proses metabolisme. Beberapa jenis buah yang mengandung banyak vitamin C adalah jeruk, stroberi, manga, tomat, dan kiwi.

5. Susu hamil

Susu hamil mengandung kalsium untuk membantu perkembangan tulang dan gigi janin. Vitamin D dalam susu turut bekerja untuk melindungi ibu hamil dari diabetes gestasional. Sedangkan vitamin E untuk menangkal radikal bebas dan vitamin A untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh. Agar tidak repot, Anda dapat memilih susu hamil kemasan UHT yang dijual bebas di pasaran. Untuk ibu hamil yang sibuk bekerja, ingatlah untuk tidak makan sembarangan, apalagi sampai lupa makan. Sebab bukan hanya Anda yang akan menderita, tetapi juga janin yang ada dalam kandungan Anda.